Ganti Klakson All New Spark


Klakson standard ANS mungkin cukup sesuai dengan mobil kecil ini, tapi karena tidak sesuai selera dan kedengaran lucu, saya ambil keputusan ganti. Maklum jalanan di Jakarta nggak ada yang sepi, klanson standard ANS sering nggak di dengerin.

Klakson standard ANS adalah ABS made in USA yang juga mempunyai desain klakson keong. Dimana  terpasang sudah ada relay dan sekering.  Dengan begitu penggantian  klakson tetap perlu lagi relay dan sekering lagi sesuai bawaan klason yang akan dipasang.


PIlihan jatuh ke brand STEBEL dan Nautilus Compact Series. Cari-cari toko  dapat harga bagus di toko accessories mobil di daerah Pusat Niaga Duta Mas, Fatmawati. Untuk cek suara dan spec detail dari STEBEL yang saya pakai dapat dilihat di URL ini:






Dalam 1 set Stebel sudah include relay original, bila mau tinggal beli sekering. Namun seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk ANS jangan mau bila teknisi bengkel bilang pake yang bawaan klakson ori nya saja. Sehingga hanya ganti klason. Saran ini sangat tidak rekomen karena klakson yang baru jelas mempunya spek yang berbeda dengan ori-nya. Untuk cara pemasangan relay mungkin bisa baca di 
http://www.saft7.com/cara-pasang-relay-untuk-klakson-lampu-tambahan-revised/.
Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian relay ini adalah:
- klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.
- saklar klakson / lampu akan lebih awet.

Pesan aja buat teman-teman yang mau beli brand yang sama, jangan sampai tertipu dengan barang tiruan. Tips untuk pengecekan ini bisa dilihat di URL http://jojoy225.wordpress.com/2011/11/18/pilih-stebel-ori-atau-bukan-ini-cirinya/

 
Untuk pemasangan klakson di ANS ternyata cukup merepotkan karena harus buka bumper depan. Posisi klakson ada di sisi kiri depan bawah. 


Karena STEBEL cukup besar, kita harus mencari posisi yang memungkinkan klakson diletakkan dengan ruang mesin spark yang sangat rapat. Sehingga hasilnya pemasangan tidak begitu ideal tapi cukup mendekati. Tips pemasangan klason yang baik dan benar bisa dilihat di http://www.saft7.com/tips-pasang-klakson-keong/

 
Mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih untuk sumber2 lain yang saya masukkan dalam blog ini.

4 komentar:

  1. Pagi bro,

    cuman mau tanya nih, Foto Nautilis yang atas, kok lebih mirip ke yang abal2 yah? bedanya cuman gak ada tulisan doang. Yang aslinya justru bukaan keongnya ke bawah aja.
    Btw, thanks untuk postingnya. Jadi bisa hemat waktu nanti untuk pasang klakson.

    thanks,
    Garorica

    BalasHapus
  2. Klo yang dimaksud Nautilus yang hitam, picture langsung saya ambil dari Official Stebel italia.

    BalasHapus
  3. Oh iya, mau tanya gimana cara ganti relaynya yah?
    ini ngerjain sendri atau gimana?

    BalasHapus
  4. Seperti yang saya sebutkan diatas, relay bukan diganti. malah tambah relay baru bawan klakson yang baru. Detailnya
    coba cek di URL ini http://www.saft7.com/cara-pasang-relay-untuk-klakson-lampu-tambahan-revised/.
    Jadi klo orang bengkel bilangnya pake satu relay yang lama aja jangan mau. itu konsep yang salah.

    BalasHapus