Klakson standard ANS mungkin cukup sesuai dengan
mobil kecil ini, tapi karena tidak sesuai selera dan kedengaran lucu, saya
ambil keputusan ganti. Maklum jalanan di Jakarta nggak ada yang sepi, klanson
standard ANS sering nggak di dengerin.
Klakson standard ANS adalah ABS made in USA yang
juga mempunyai desain klakson keong. Dimana
terpasang sudah ada relay dan sekering. Dengan begitu penggantian klakson
tetap perlu lagi relay dan sekering lagi sesuai bawaan klason yang akan dipasang.
PIlihan jatuh ke brand STEBEL dan Nautilus Compact
Series. Cari-cari toko dapat harga bagus
di toko accessories mobil di daerah Pusat Niaga Duta Mas, Fatmawati. Untuk cek
suara dan spec detail dari STEBEL yang saya pakai dapat dilihat di URL ini:
Dalam
1 set Stebel sudah include relay original, bila mau tinggal beli sekering.
Namun seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk ANS jangan mau bila teknisi bengkel bilang pake yang bawaan klakson
ori nya saja. Sehingga hanya ganti klason. Saran ini sangat tidak rekomen karena klakson yang baru jelas mempunya spek yang berbeda dengan ori-nya. Untuk cara pemasangan relay mungkin bisa baca di
http://www.saft7.com/cara-pasang-relay-untuk-klakson-lampu-tambahan-revised/.
Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian relay ini adalah:
- klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.
- saklar klakson / lampu akan lebih awet.
http://www.saft7.com/cara-pasang-relay-untuk-klakson-lampu-tambahan-revised/.
Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian relay ini adalah:
- klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.
- saklar klakson / lampu akan lebih awet.
Pesan aja buat teman-teman yang mau beli brand yang
sama, jangan sampai tertipu dengan barang tiruan. Tips untuk pengecekan ini
bisa dilihat di URL http://jojoy225.wordpress.com/2011/11/18/pilih-stebel-ori-atau-bukan-ini-cirinya/
Untuk pemasangan klakson di ANS ternyata cukup
merepotkan karena harus buka bumper depan. Posisi klakson ada di sisi kiri
depan bawah.
Karena
STEBEL cukup besar, kita harus mencari posisi yang memungkinkan klakson
diletakkan dengan ruang mesin spark yang sangat rapat. Sehingga hasilnya
pemasangan tidak begitu ideal tapi cukup mendekati. Tips pemasangan klason yang baik dan benar bisa
dilihat di http://www.saft7.com/tips-pasang-klakson-keong/
Mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih untuk sumber2
lain yang saya masukkan dalam blog ini.
Pagi bro,
BalasHapuscuman mau tanya nih, Foto Nautilis yang atas, kok lebih mirip ke yang abal2 yah? bedanya cuman gak ada tulisan doang. Yang aslinya justru bukaan keongnya ke bawah aja.
Btw, thanks untuk postingnya. Jadi bisa hemat waktu nanti untuk pasang klakson.
thanks,
Garorica
Klo yang dimaksud Nautilus yang hitam, picture langsung saya ambil dari Official Stebel italia.
BalasHapusOh iya, mau tanya gimana cara ganti relaynya yah?
BalasHapusini ngerjain sendri atau gimana?
Seperti yang saya sebutkan diatas, relay bukan diganti. malah tambah relay baru bawan klakson yang baru. Detailnya
BalasHapuscoba cek di URL ini http://www.saft7.com/cara-pasang-relay-untuk-klakson-lampu-tambahan-revised/.
Jadi klo orang bengkel bilangnya pake satu relay yang lama aja jangan mau. itu konsep yang salah.